Selasa, 24 November 2009

Faktor Pengaruh Kesehatan

di Posting sebelumnya sudah dibahas tentang Aspek-aspek mengenai kesehatan, yang meliputi empat aspek, yaitu kesehatan jasmani, rohani, sosial serta ekonomi. Sesuai dengan Aspek kesehatan itu, maka pada posting kali ini akan dibahas tentang kesehatan jasmani terlebih dahulu.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan Anda, dari banyak hal tersebut, maka hanya disimpulkan ada enam faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Apa saja enam faktor tersebut :

  1. Udara --- Apakah Anda yakin Udara yang ada disekeliling Anda bersih? Lebih baik manakah kualitas udara saat ini bila dibandingkan dengan lebih 10 tahun yang lalu? Apakah Anda juga bisa berhenti menghirup udara walaupun hanya sesaat? dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Anda pasti setuju bahwa udara merupakan Faktor yang sangat penting.
  2. Air --- Pada masa sekarang makin banyak perumahan-perumahan yang menggunakan air dari perusahaan air. Perlu Anda ketahui, bahwa perusahaan tersebut menggunakan suatu bahan kimia untuk menjernihkan airnya, yaitu Kaporit. Apakah kaporit tersebut bisa benar-benar larut di dalam air? Apakah bau dari kaporit tersebut bisa hilang? Kemudian yang tinggal di perumahan yang tidak menggunakan air dari perusahaan air, biasanya masih menggunakan air sumur. Anda mengetahui, berapa jarak yang ideal antara sumur dengan septic tank? Rata-rata orang menjawab antara 7-10 meter. Okelah, mungkin di rumah Anda sudah benar memiliki jarak ideal, tetapi apakah Anda tahu letak sumur atau septic tank dari tetangga Anda? Bisa saja ternyata septic tank tetangga Anda berdekatan dengan sumur Anda. Padahal di dalam septic tank ada bakteri yang namanya bakteri e.coli. Efek minimal dari bakteri e.coli adalah diare.
  3. Makanan dan minuman --- Makanan dan minuman merupakan faktor penting kesehatan berikutnya. Banyak sekali penyakit yang dipengaruhi dari pencernaan, yang notabene sumbernya dari makanan dan minuman.
  4. Keseimbangan Emosi --- Emosi turut menyumbang dalam perannya mempengaruhi kesehatan. Emosi seringkali dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Di dunia sekarang telah banyak pakar yang mengemukakan pentingnya kecerdasan emosi (EQ), karena memang itu hal yang cukup penting dalam menjaga kesehatan. Untuk menjaga emosi tetap stabil, berekspresilah sewajarnya dalam kehidupan sehari-hari. Selalu ingat pertanyaan ini “Capek nggak sih saat kita marah-marah?” , “Apa sih manfaat yang bisa kita rasakan dari sebuah kemarahan?”. Hadapilah segala sesuatunya dengan hati tenang. Ingat, Anda tidak akan menemukan jalan terbaik jika hati Anda ditutupi dengan kemarahan. (diambil dari http://abhiepraya.wordpress.com/2009/01/06/faktor-utama-yang-mempengaruhi-kesehatan)
  5. Olahraga yang Teratur --- Anda setuju Olahraga yang teratur itu baik untuk kesehatan? Tetapi mengapa banyak orang tidak melakukannya? Apakah Anda termasuk dalam golongan tersebut? Alasan mereka tidak melakukan olahraga adalah sibuk, waktu yang tidak ada, capek dan lain sebagainya.
  6. Istirahat yang cukup --- Tidur atau istirahat yang baik adalah tidur yang kualitasnya baik, bukan hanya kuantitasnya saja yang mencapai 7-8 jam. Banyak orang yang tidurnya dalam waktu yang lama, tapi ternyata saat tidurnya gelisah, selalu terbangun di tengah tidurnya.
Keenam faktor tersebutlah yang mempengaruhi kesehatan anda.
Apakah Anda yakin Faktor Kesehatan tersebut sudahlah yang terbaik dalam tubuh Anda?

Lihat juga posting selanjutnya..


Salam sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar