Kamis, 26 November 2009

Sumber Utama Racun

Di posting sebelumnya sudah dibahas tentang arti kesehatan dan faktor yang mempengaruhi kesehatan manusia. Dalam kesempatan ini akan dibahas tentang sumber utama racun. Uniknya dari sumber utama racun yang akan dibahas nanti sebagian besar merupakan faktor kesehatan manusia. Sehingga secara sadar atau pun tidak, Anda sedang “menikmati” faktor kesehatan manusia tetapi juga sekaligus mendapatkan sumber racun.

Sumber Utama Racun tersebut antara Lain :

  1. Udara tercemar / polusi udara ----- Udara merupakan hal sangat penting bagi kesehatan manusia. Setiap hari manusia tanpa henti menghirup udara. Coba bayangkan, Anda bisa berhenti menghirup Udara lebih dari 10 menit. Kami rasa hanya manusia tertentu saja yang bisa menahan bernafas sampai selama itu. Permasalahannya, udara pada masa sekarang ini memiliki kualitas yang jauh lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Polusi udara yang sudah sangat parah, apalagi di kota-kota besar yang jumlah kendaraannya semakin bertambah setiap tahunnya. Untuk kota Jakarta sudah mendapatkan “prestasi” yang luar biasa yaitu sebagai lima besar kota terpolusi di dunia. Percobaan untuk membuktikan apakah udara di sekitar kita bersih atau tidak, yaitu Anda ambil kain berwarna putih, kemudian di basahi, setelah itu, Anda bawa Kain basah tersebut keliling daerah Anda dengan menggunakan motor sambil kainnya di bentangkan. Setelah sekitar 10-30 menit Anda keliling dengan membentangkan kain tersebut, apa yang terjadi dengan kain tersebut? Ya betul sekali, kain itu berubah warna yangtadinya putih bersih, menjadi lebih kotor. Seperti itulah udara di sekitar Anda. Terus bagaimana dengan saluran pernapasan Anda?
  1. Air yang tercemar bahan kimia ---- Air sangat penting bagi tubuh Manusia, bahkan sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Tetapi ternyata kualitas air juga sama halnya dengan udara, yang kualitasnya menurun dibanding dengan beberapa tahun lalu. Di daerah-daerah pemukiman saat ini banyak yang susah untuk mendapatkan air bersih, untuk membuat sumur yang di dapati adalah air keruh dan berbau. Dan kemudian akhirnya menggunakan air dari perusahaan air minum. Yang sebenarnya Anda ketahui perusahaan air minum menggunakan bahan kimia (Baca: kaporit) untuk menjernihkan air. Kami yakin Anda tahu dari mana air yang digunakan oleh perusahaan air minum tersebut. Dan lagi kaporit juga tidak bisa hilang begitu saja walaupun airnya sudah direbus, dan bila di konsumsi maka kaporit akan menumpuk di dalam tubuh kita. Pengaruhnya memang tidak dalam jangka pendek, tetapi jangka panjang. Toksin dari bahan kima itu pada akhirnya akan berbahaya di dalam tubuh Anda. Sekarang kalau yang di rumahnya pakai air sumur bagaimana? Banyak air sumur di jaman sekarang khususnya di pemukiman yang padat mengandung bakteri e.coli yang mempunyai efek minimal yaitu diare bila di konsumsi. Bakteri e.coli itu biasanya muncul dari tempat-tempat yang kotor, dalam hal ini bisa juga di katakan berasal dari septic tank. Jarak yang ideal antara sumur dengan septic tank adalah lebih dari 7 meter. Mungkin jarak antara Septic tank dan sumur rumah Anda sudah ideal, tetapi apakah Anda mengetahui posisi sumur atau septic tank tetanggap Anda. Bila di pemukiman yang padat bisa saja ternyata jarak sumur rumah Anda berdekatan dengan septic tank tetangga Anda, maka bakteri e.coli akan menerobos masuk ke sumur Anda, dan kemudian air itu Anda konsumsi. Jadilah salah satu sumber racun di tubuh Anda
  2. Buah-buahan dan sayuran yang diimpor mengandung bahan beracun ---- Anda pasti sudah tidak asing dengan buah-buahan import. Buah import membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa sampai ke Negara pengimport, bisa lebih dari 1 bulan perjalanannya. Tetapi yang jadi perhatian adalah, buah tersebut tetap tampak segar sampai ke tangan konsumen. Padahal perjalanan dari Negara asal sampai ke Negara pengimpor butuh waktu lebih dari 1 bulan, kemudian dari pengimpor di distribusikan kea gen-agen besar, kemudian baru sampai ke retail dan akhirnya di beli konsumen. Perjalanan dan waktu yang cukup panjang hingga sampai ke tangan konsumen. Tetapi buahnya tetap segar. Ternyata buah tersebut sudah dilapisi suatu bahan kimia berupa zat lilin, agar proses pembusukan bisa dihindari, karena bakteri-bakteri penyebab pembusukan tidak dapat masuk ke dalam buah impor tersebut. Mungkin Anda bilang, “kan bisa dibersihkan atau dicuci dulu sebelum dimakan”. Pernyataan itu benar adanya, tetapi Anda bisa menjamin bahwa buah-buahan tidak ada pori-porinya. Kemudian Anda kalau beli sayur memilih yang berlubang atau mulus? Mayoritas orang membeli yang mulus, karena ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Tetapi ternyata petani sayur jaman sekarang sudah pintar, mereka menggunakan insektisida atau pestisida untuk menghindari resiko sayur yang rusak karena dimakan ulat atau serangga. Ulat atau serangga saja tidak mau makan, tapi banyak manusia mau mengkonsumsinya.
  3. Obat-obatan, bahan pengawet dan zat pewarna makanan ---- Obat-obatan kimia ternyata berbahaya untuk tubuh manusia, ada kandungan dari obat kimiatersebut yang tidak dapat dicerna dan kemudian menumpuk di ginjal, bahkan ada juga yang kemudian menyebabkan keracunan obat kimia, contohnya penyakit Steven Johnson Syndrome. Kemudian pada masa sekarang ini, makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet dan zat pewarna sudah sangatlah banyak, dan itu sulit untuk dihindari. Bahkan pernah suatu waktu ditayangkan di televisi bahwa ada para pengusaha “nakal” yang menggunakan pewarna tekstil sebagai pewarna makanan atau minuman yang dijualnya. Semua itu sangat berbahaya bagi tubuh Anda.
  4. Daging hewan yang dicemari zat kimia ---- Ini juga termasuk fenomena yang luar biasa, jaman dulu ayam hanya bisa disembelih untuk dikonsumsi setelah berumur lebih dari sekitar 7 bulanan. Tetapi sekarang, baru umur 30-40 hari sudah bisa disembelih untuk dikonsumsi. Ternyata ayam yang dikonsumsi sekarang mayoritas adalah ayam potong yang sudah disuntikan hormon pertumbuhan agar daging ayam tersebut cepat bertumbuh, yang perlu Anda ketahui zat hormon yang di suntikkan tersebut merupakan zak kimia. Makin lama Anda konsumsi, maka zat kima nya pun akan menumpuk di dalam tubuh Anda.

Dari lima sumber utama racun tersebut apakah Anda bisa mengindari? Kalau memang sulit untuk menghindarinya maka Anda patut membaca posting selanjutnya..


Salam Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar